Otis Hahijary

Biodata
Profesi : Profesional
Posisi : Director of Strategic & Planning PT Visi Media Asia Tbk
Birth Place : Jakarta
Date of Birth : -
Gender : Pria
Religion : -
Home Address : -
Office Address : Wisma Bakrie 2 Lantai 7 Jl. HR. Rasuna Said Kav. B2 Jakarta 12920, Indonesia Telepon : (+62 21) 5794 5711 Fax : (+62 21) 5794 5715
Email : -
Website : www.vivagroup.co.id
Status : -
Wife : -
Children(s) :
Note(s) : Otis Hahijary Sang 'Manusia Pagi'

CHAMDAN PURWOKO chamdan@bisnis.co.id 30 November 2014

Industri pertelevisiannasional kini sedangdilanda demam serial filmdrama India. Tren serialfilm drama dari luarnegeri memang silih berganti menjangkiti stasiun TV lokal dalam kisaran satu dekade ini.

Sebelum Indian Wave muncul tahun ini, industri pertelevisian Indonesia pernah dilanda demam serial drama telenovel dari Amerika Latin, drama Taiwan, serta drama Korea Selatan. Dan, kini giliran serial film India yang mengisi saluran-saluran TV lokal sebagai sebuah tren baru.

Indian Wave yang semakin kuat, secara spontan merangsang beberapa stasiun TV berbondong-bondong menayangkan serial film drama India, di tengah kejenuhan akan program variety show.

Jika ditengok ke belakang, munculnya gelombang budaya India tersebut berawal dari kesuksesan serial Mahabharata, sebuah kisah mitologi berbahasa Hindi yang tayang di ANTV sejak Maret 2014. Begitu besar antusisme pemirsa, sampai-sampai serial ini menggeser variety show yang sebelumnya menjadi andalan ANTV pada slot prime time.

Serial yang didasarkan pada susastra Mahabharata tersebut berhasil menjadi magnet baru yang menyedot jumlah besar penonton sekaligus mengakselerasi rating.

Lantas, siapakah orang di balik meja program siaran ANTV yang belakangan memunculkan India Wave? Dia adalah Otis Hahijary, Director of Strategic & Planning di PT Visi Media Asia Tbk, yang merupakan holding dari stasiun televisi ANTV dan TVOne. Selain duduk di posisi itu, Otis—begitu namanya biasa disapa—juga menjabat sebagai Director of Sales Marketing, Programming and Production ANTV dan Director of Programming & Marketing TVOne.

Dengan dua jabatan strategis yang diembannya sekaligus ini, cukup untuk menggambarkan bahwa pria kelahiran Jakarta, 12 Desember 1969 ini gemar tantangan dan punya karir cemerlang.

Sebenarnya, latar belakang pendidikan Otis tidaklah terkait langsung dengan urusan program siaran televisi. Dia adalah lulusan San Diego State University, Amerika Serikat yang memberinya gelar Master of Arts di bidang Management pada 1995.

Tak cukup puas dengan itu, Otis melanjutkan studi di Lancaster University, Inggris dan meraih gelar Master of Science di bidang Finance, setahun kemudian.

Dengan disiplin ilmu yang dimiliki, semestinya Otis bekerja di sektor investasi dan keuangan. Namun, daya tarik dunia penyiaran membuat Otis belum mau pindah ke lain hati. “Dunia broadcasting sangat menantang bagi saya,” ujar pria penyuka olahraga anggar itu dalam perbincangan dengan Bisnis, baru-baru ini.

Kepiawaiannya di bidang finansial membuat Otis jago menganalisa data dan informasi, hal yang sangat dibutuhkan dalam merancang program TV. “Banyak orang tidak menyadari bahwa dunia broadcasting itu sangat dekat dengan angka dan data.” Dari data yang dikumpulkan dan diolah itu, Otis bisa merancang dengan lebih ‘presisi’ program-program TV yang mampu merebut hati pemirsa. Apalagi, lanjutnya, industri TV adalah bisnis yang unik, di mana intuisi punya peran cukup signifikan dalam mengambil sebuah keputusan.

“Analisa data dan intuisi merupakan dua faktor yang saling menguatkan dalam mengelola bisnis di industri TV,” jelasnya.

REPOSISI

Metamorfosa wajah Lativi menjadi TVOne merupakan salah satu hasil sentuhan tangannya, yang berhasil menjadikannya sebagai televisi berita yang atraktif. Selanjutnya, pada 2013, perhatiannya mulai difokuskan untuk membenahi program di ANTV yang saat itu pamornya mulai memudar.

Pascareposisi menjadi televisi dengan segmentasi keluarga menjelang akhir 2013, ANTV memulai babak baru lewat program yang lebih segar. Sentuhan tangan dinginnya berhasil menempatkan ANTV dalam jajaran peringkat atas industri televisi nasional dengan TV Share rata-rata 8,8%. Bahkan pada September 2014 TV Share ANTV mencapai 12,4%, berdasarkan data Nielsen untuk target pemirsa 5+ ABCD.

Data belanja iklan yang dirilis Nielsen Media Research pada periode 15 Juli-14 September 2014 juga menunjukkan posisi ANTV secara konsisten dalam tiga besar stasiun televisi nasional.

Otis adalah aktor di balik kesuksesan dari strategi reposisi dan penguatan ANTV sebagai televisi keluarga. Ini terlihat dari dominasi penonton yang rata-rata adalah perempuan berusia 25-44 tahun sebagai pemirsa program serial mitologi dan game show ANTV.

Di segmen program serial animasi, Otis juga berhasil mencuri hati pemirsa anak-anak berusia 5-14 tahun, yang sekaligus menguatkan segmentasi ANTV sebagai televisi keluarga. Salah satunya adalah Masha and the Bear, sebuah serial animasi dari Eropa Timur yang selalu dinanti anak-anak.

Keputusan Otis yang cukup berani dalam menghadirkan serial Mahabharata pada slot prime time merupakan pilihan di luar mainstream pola acara yang dihadirkan stasiun televisi kebanyakan. Namun, keputusan ini terbukti berhasil menguatkan perolehan rating dan share serial Mahabharata sejak awal kehadirannya.

Bahkan pada 15 Juli-10 Agustus 2014, Mahabharata menduduki peringkat pertama untuk tayangan pada jam tayang prime time dengan rating 4,9. Hasil yang tak jauh berbeda didapatkan serial Mahadewa yang tayang setelah Mahabharata dengan rating 4,2.

Walaupun harus bekerja hingga larut malam, setiap hari Otis memulai aktivitasnya pukul empat pagi. “Biarpun sibuk dan sering pulang malam, saya ini termasuk manusia pagi,” akunya.

Aktivitas pertamanya di pagi buta adalah berkomunikasi dengan Sang Pencipta sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan hidup dan harapan lebih baik di setiap harinya.

Setelahnya, Otis berganti baju, memakai kaus dan celana sport, dan langsung berolah raga ringan untuk menjaga kebugaran.

Olahraga yang paling disukainya adalah anggar dan berkuda yang dilakukannya rutin di ujung pekan.

(DEANDRA SYARIZKA)

 
Education
# Education
1 1996, Master Of Science in Finance, Lancaster University, Inggris
2 1995, Master Of Art Degree In Management, San Diego State University, Amerika Serikat
 
 
Career
# Career From Until
1 Director of Strategic & Planning PT Visi Media Asia Tbk 2013 -
2 Director of Programming & Marketing TVOne 2013 -
3 Director of Sales Marketing, Programming & Production ANTV 2013 -
4 Director VIVA 2011 -
5 Programming Director Lativi - 2010