OPINI

  • Mengukur Risiko Proyek Infrastruktur
    31 Mei 2017

    Harus diakui, kita seperti terbangun dari tidur panjang begitu mengetahui begitu banyak hal yang belum dilakukan oleh negara.

  • Terlalu Pagi untuk Berpuas Diri
    31 Desember 2016

    Sehari menjelang pergantian tahun 2016 menuju 2017, banyak catatan yang patut dikemukakan terkait de ekonomian nasional. Kita tidak pernah risau dengan fundamental ngan perkembangan permakroekonomi, mengingat berbagai indikator relatif membaik.

  • Perhatian Lebih pada Perbatasan
    30 Desember 2016

    Perbatasan wilayah sering menjadi titik kritis bagi negara. Di perbatasan, apalagi jika perbatasan itu berada di daratan, kadang muncul cerita negatif mengenai konflik lintas batas, masuk keluarnya warga dengan cara ilegal, lalu lintas barang yang tidak sesuai dengan prosedur, dan sebagainya.

  • Optimisme Angkutan Udara di Tahun Ayam Api
    29 Desember 2016

    di Tahun Ayam Api

  • Harapan Tinggi pada BUMN
    28 Desember 2016

    Badan usaha milik negara mengalami pertumbuhan usaha yang makin pesat tahun ini, seiring dengan ketersediaan modal dan membaiknya penjualan. Proyek-proyek infrastruktur yang dibangun secara massif oleh pemerintah, secara langsung juga memberi berkah kepada sektor konstruksi, yang dalam hal ini banyak dikerjaan oleh BUMN Karya.

  • TIDAK TERIMA LAPORAN DARI BCA
    27 April 2017

    Saya pemilik kartu kredit BCA 1889 8014 45xx. Sudah dua bulan ini tidak menerima billing statement dari bank tersebut dan sudah saya sampaikan keluhan sebanyak tiga kali ke Halo BCA. Namun sejauh ini belum mendapat tanggapan sebagaimana mestinya.

  • PONSEL ILEGAL MERUSAK KOMPETISI PASAR
    27 April 2017

    Apapun alasannya, peredaran ponsel ilegal tidak dapat dibenarkan. Mereka yang mela kukan tindakan tidak terpuji dan merugikan negara ini patut diproses secara hukum. Sebagai salah satu pengguna ponsel resmi, saya ikut prihatin terhadap peredaran ponsel ilegal di Indonesia karena ternyata masih marak juga.

  • TANGGAPAN BANK UOB INDONESIA
    26 April 2017

    Sehubungan dengan surat Bapak Teddy Irawan Tjahjadi yang dimuat harian ini edisi 8 April, kami ingin memberi tanggapan. Bank UOB Indonesia melakukan perjanjian sewa menyewa untuk penggunaan gedung di Jalan Mampang Prapatan No.99, Jakarta Selatan sebagai salah satu kantor cabang.

  • BANK UOB INDONESIA BELUM BAYAR SEWA RUKO
    25 April 2017

    Bank UOB lndonesia menyewa ruko milik saya untuk kantor KCP operasionalnya di ruko Jalan Mampang Prapatan Raya 99, Jakarta.

  • PROMOSIKAN CITA RASA INDONESIA
    21 April 2017

    Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke pameran makanan dan perhotelan di Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran berlangsung cukup meriah dan banyak sekali pengunjung yang datang. Ruang yang dipakai juga cukup luas sehingga terkesan megah.

  • Mengurus STNK di Aceh
    07 Februari 1986

    Daerah Istimewa Aceh yang berpenduduk sekitar 2,8 juta jiwa sudah mulai maju. Banyak masyarakatnya memiliki kendaraan roda dua maupun empat, dan ini jelas membantu kelancaran perhubungan dan ekonomi. Masalahnya, bagaimana melicinkan urusan pemilik kendaraan itu.

  • Jatuhnya harga minyak
    07 Februari 1986

    Akan tampak gegabah untuk berdansa dalam suraman kartel OPEC, walaupun pertemuan komite khususnya di Wina berakhir dengan ketidakcocokan yang payah. Permainan yang kini ada di tangan Arab Saudi, dengan dukungnan beberapa negara garis keras dalam OPEC, merupakan hal yang sulit dan mungkin suatu bahaya, bukan hanya bagi negara pengutang seperti Meksiko dan Venezuela, tetapi juga bagi beberapa negara miskin OPEC.

  • Persaingan tidak sehat
    06 Februari 1986

    Kelesuan ekonomi yang kita rasakan secara nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha industri, khususnya industri di daerah Kalimantan Selatan. Memang pengaruh resesi ekonomi yang belum pulih tidak kecil terhadap semua sektor ekonomi kita. Akibat banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK buruh dan karyawannya.

  • Pernyataan Mochtar-Vagi
    06 Februari 1986

    Kunjungan Menlu Papua Nugini Legu Vagi ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan sejawatnya Menlu RI Mochtar Kusumaatmaja dinilai berhasil untuk mempererat persaudaraan kedua bangsa dan meningkatkan saling pengertian dan kerjasama RI-PNG di masa depan.

  • Investasi Jepang di Asean
    06 Februari 1986

    Bagi Asean, memiliki seluk beluk pemikiran Jepang selalu sangat menarik tetapi sekaligus merupakan usaha yang membuat frustasi.... kelompok itu telah berkembang sesuai dengan janji-janji Jepang untuk mendukung perdagangan yang lebih bebas dan kemudahan pemasukan barang-barang kepasar Jepang berbagai janji yang tidak pernah sekali waktu pun ditingkatkan di bawah pemerintahan Yasuhiro Nakasone.

  • Kembali ke Fitrah, Saatnya Beraksiā€¦
    22 Juni 2017

    Memang bahwa kata fitri dan fitrah tak sama. Keduanya punya arti berbeda. Fitrah bermakna keadaan suci tanpa dosa dan kesalahan, sedangkan fitri artinya berbuka atau tidak lagi berpuasa.

  • Ambil Peluang di Capital Inflow
    22 Juni 2017

    Dalam beberapa pekan ini, pasar keuangan Indonesia mendapatkan begitu besar arus dana asing yang masuk. Salah satu faktor yang membuat capital inflow begitu deras adalah keputusan investor yang terkait dengan penaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat.

  • Ironi di Bulan Suci
    21 Juni 2017

    Apa yang salah dengan negeri ini? Praktik korupsi tetap saja berjalan di bulan Ramadan, bulan yang suci. Pelakunya, petinggi di negeri ini.

  • Bersiap Menuai Berkah Lebaran
    20 Juni 2017

    Banyak sektor yang tentu saja akan kecipratan berkah Lebaran. Pertama, sektor ritel. Sejak jauh hari, taruhlah 3 bulan sebelum memasuki Ramadan, banyak peritel yang menambah pasokan barangnya.

  • Pantang Mundur Bangun Kilang Minyak
    19 Juni 2017

    PT Pertamina (Persero) memiliki kilang minyak dengan kapasitas 1 juta barel per hari, sedangkan kebutuhan minyak harian mencapai 1,6 juta barel. Dengan ketimpangan ini, betapa rentannya ketahanan energi Indonesia, mengingat bahan bakar fosil adalah salah satu kebutuhan utama masyarakat.

  • TUMPAS AKSI KEJAHATAN YANG MERESAHKAN
    23 Juni 2017

    Keamanan menjelang lebaran menjadi sebuah kerawanan tersendiri yang mengusik masyarakat. Aksi kriminal sadis yang kita saksikan belakangan ini benar-benar membuat cemas.

  • KERAWANAN DI JALAN TOL FUNGSIONAL
    22 Juni 2017

    Menjelang Lebaran, banyak jalan tol setengah jadi atau yang disebut dengan jalan tol fungsional dioperasikan sementara untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

  • MARITIME COMMAND CENTER BERPERAN STRATEGIS
    22 Juni 2017

    Peresmian Maritime Command Center (MCC) Tarakan merupakan upaya yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menindaklanjuti Deklarasi Bersama di Yogyakarta. Tujuannya adalah mewujudkan keamanan di wilayah perairan Sulu dan sekitarnya sebagai solidaritas sesama negara anggota Asean.

  • POLRI HARUS BERTINDAK LEBIH TEGAS
    21 Juni 2017

    Polri harus bertindak lebih tegas terhadap berbagai tindak kejahatan yang semakin terangterangan seperti penembakan dan perampokan yang terjadi di Jl. Raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.

  • RUMAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH
    20 Juni 2017

    Saya ingin menanggapi langkah Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bank pelat merah yang telah memetakan lokasi pembangunan rumah murah Rp112 juta/unit bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

 
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg

Regulation

Regulation Lainnya...