OPINI

  • Terlalu Pagi untuk Berpuas Diri
    31 Desember 2016

    Sehari menjelang pergantian tahun 2016 menuju 2017, banyak catatan yang patut dikemukakan terkait de ekonomian nasional. Kita tidak pernah risau dengan fundamental ngan perkembangan permakroekonomi, mengingat berbagai indikator relatif membaik.

  • Perhatian Lebih pada Perbatasan
    30 Desember 2016

    Perbatasan wilayah sering menjadi titik kritis bagi negara. Di perbatasan, apalagi jika perbatasan itu berada di daratan, kadang muncul cerita negatif mengenai konflik lintas batas, masuk keluarnya warga dengan cara ilegal, lalu lintas barang yang tidak sesuai dengan prosedur, dan sebagainya.

  • Optimisme Angkutan Udara di Tahun Ayam Api
    29 Desember 2016

    di Tahun Ayam Api

  • Harapan Tinggi pada BUMN
    28 Desember 2016

    Badan usaha milik negara mengalami pertumbuhan usaha yang makin pesat tahun ini, seiring dengan ketersediaan modal dan membaiknya penjualan. Proyek-proyek infrastruktur yang dibangun secara massif oleh pemerintah, secara langsung juga memberi berkah kepada sektor konstruksi, yang dalam hal ini banyak dikerjaan oleh BUMN Karya.

  • Menjaga Harmoni Keanekaragaman
    27 Desember 2016

    Menjelang penutupan 2016, keragaman Indonesia yang disebut- sebut mulai terancam ternyata tidak menampakan tanda-tanda keruntuhan yang tercermin dari semangat seluruh elemen bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

  • TIDAK TERIMA LAPORAN DARI BCA
    27 April 2017

    Saya pemilik kartu kredit BCA 1889 8014 45xx. Sudah dua bulan ini tidak menerima billing statement dari bank tersebut dan sudah saya sampaikan keluhan sebanyak tiga kali ke Halo BCA. Namun sejauh ini belum mendapat tanggapan sebagaimana mestinya.

  • PONSEL ILEGAL MERUSAK KOMPETISI PASAR
    27 April 2017

    Apapun alasannya, peredaran ponsel ilegal tidak dapat dibenarkan. Mereka yang mela kukan tindakan tidak terpuji dan merugikan negara ini patut diproses secara hukum. Sebagai salah satu pengguna ponsel resmi, saya ikut prihatin terhadap peredaran ponsel ilegal di Indonesia karena ternyata masih marak juga.

  • TANGGAPAN BANK UOB INDONESIA
    26 April 2017

    Sehubungan dengan surat Bapak Teddy Irawan Tjahjadi yang dimuat harian ini edisi 8 April, kami ingin memberi tanggapan. Bank UOB Indonesia melakukan perjanjian sewa menyewa untuk penggunaan gedung di Jalan Mampang Prapatan No.99, Jakarta Selatan sebagai salah satu kantor cabang.

  • BANK UOB INDONESIA BELUM BAYAR SEWA RUKO
    25 April 2017

    Bank UOB lndonesia menyewa ruko milik saya untuk kantor KCP operasionalnya di ruko Jalan Mampang Prapatan Raya 99, Jakarta.

  • PROMOSIKAN CITA RASA INDONESIA
    21 April 2017

    Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke pameran makanan dan perhotelan di Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran berlangsung cukup meriah dan banyak sekali pengunjung yang datang. Ruang yang dipakai juga cukup luas sehingga terkesan megah.

  • Mengurus STNK di Aceh
    07 Februari 1986

    Daerah Istimewa Aceh yang berpenduduk sekitar 2,8 juta jiwa sudah mulai maju. Banyak masyarakatnya memiliki kendaraan roda dua maupun empat, dan ini jelas membantu kelancaran perhubungan dan ekonomi. Masalahnya, bagaimana melicinkan urusan pemilik kendaraan itu.

  • Jatuhnya harga minyak
    07 Februari 1986

    Akan tampak gegabah untuk berdansa dalam suraman kartel OPEC, walaupun pertemuan komite khususnya di Wina berakhir dengan ketidakcocokan yang payah. Permainan yang kini ada di tangan Arab Saudi, dengan dukungnan beberapa negara garis keras dalam OPEC, merupakan hal yang sulit dan mungkin suatu bahaya, bukan hanya bagi negara pengutang seperti Meksiko dan Venezuela, tetapi juga bagi beberapa negara miskin OPEC.

  • Persaingan tidak sehat
    06 Februari 1986

    Kelesuan ekonomi yang kita rasakan secara nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha industri, khususnya industri di daerah Kalimantan Selatan. Memang pengaruh resesi ekonomi yang belum pulih tidak kecil terhadap semua sektor ekonomi kita. Akibat banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK buruh dan karyawannya.

  • Pernyataan Mochtar-Vagi
    06 Februari 1986

    Kunjungan Menlu Papua Nugini Legu Vagi ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan sejawatnya Menlu RI Mochtar Kusumaatmaja dinilai berhasil untuk mempererat persaudaraan kedua bangsa dan meningkatkan saling pengertian dan kerjasama RI-PNG di masa depan.

  • Investasi Jepang di Asean
    06 Februari 1986

    Bagi Asean, memiliki seluk beluk pemikiran Jepang selalu sangat menarik tetapi sekaligus merupakan usaha yang membuat frustasi.... kelompok itu telah berkembang sesuai dengan janji-janji Jepang untuk mendukung perdagangan yang lebih bebas dan kemudahan pemasukan barang-barang kepasar Jepang berbagai janji yang tidak pernah sekali waktu pun ditingkatkan di bawah pemerintahan Yasuhiro Nakasone.

  • Akuntabilitas Data & Kepercayaan Diri Bankir
    23 Mei 2017

    Salah satu isu yang belum jernih benar di benak para bankir saat ini adalah rencana pemerintah melalui direktorat jenderal pajak untuk mengintip data, melalui beleid terkait keterbukaan informasi keuangan nasabah perbankan.

  • Jangan Ter jebak Euforia Invesment Grade
    22 Mei 2017

    Setelah penantian panjang,Standard & Poor’s (S&P)akhirnya menaikkan peringkat surat utang rupiah dan valuta asing Indonesia bertenor jangka panjang (long term) dari BB+ menjadi BBB-.

  • Menuju Swasembada Hortikultura
    20 Mei 2017

    Baru-baru ini, Kementerian Pertanian menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian atau Permentan Nomor 16 Tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura.

  • Memastikan Ketersediaan Pangan
    19 Mei 2017

    Isu yang pasti mengemuka menjelang bulan puasa dan Lebaran adalah bagaimana pemerintah mampu mengendalikan harga komoditas pangan di saat permintaan terhadap bahan pokok kebutuhan sehari-hari itu dipastikan melonjak tajam.

  • Tinggalkan Gaduh, Saatnya Beranjak Maju
    18 Mei 2017

    Pemaparan Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media massa, Rabu (17/5) adalah benar.

  • MASALAH RUMAH PEKERJA
    23 Mei 2017

    Belakangan ini media ramai memberitakan soal kawasan atau lokasi baru perumahan yang diperuntukkan bagi pekerja. Umumnya berlokasi di pinggiran Jakarta atau bahkan di kota-kota satelit Jakarta.

  • AKSES TERHADAP RUMAH LAYAK HUNI
    23 Mei 2017

    Bagaimana masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memiliki hunian atau rumah masih menjadi persoalan. Pemerintah harus turun tangan dan mengambil sikap yang tegas agar MBR dapat memiliki rumah layak huni.

  • PROGRAM CSR TASPEN
    22 Mei 2017

    Saya ingin memberikan tanggapan sehubungan dengan langkah PT Taspen (Persero) yang akan menyalurkan dana bergulir sebesar Rp19 miliar selama tahun ini dalam rangka tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan.

  • MANFAAT SIMPANG SUSUN SEMANGGI
    20 Mei 2017

    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah menyatakan optimismenya bahwa pengerjaan Simpang Susun Semanggi mampu menekan angka kemacetan yang selama ini menghantui Jakarta.

  • MENGATASI KEMACETAN DI BEKASI
    19 Mei 2017

    Bagus sekali bila di Bekasi beroperasi transportasi massal berbasis monorel seperti yang digaungkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

 
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg