OPINI

  • Dukungan G20 Perangi Terorisme
    10 Juli 2017

    Saat ini, terorisme benar-benar telah men bal. Berbagai tindak teror- jadi ancaman gloisme, terutama berlatar belakang radikalisme agama, kian merebak ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Mereka menebar ketakutan dan merenggut rasa aman dari setiap orang.

  • Mengukur Risiko Proyek Infrastruktur
    31 Mei 2017

    Harus diakui, kita seperti terbangun dari tidur panjang begitu mengetahui begitu banyak hal yang belum dilakukan oleh negara.

  • Terlalu Pagi untuk Berpuas Diri
    31 Desember 2016

    Sehari menjelang pergantian tahun 2016 menuju 2017, banyak catatan yang patut dikemukakan terkait de ekonomian nasional. Kita tidak pernah risau dengan fundamental ngan perkembangan permakroekonomi, mengingat berbagai indikator relatif membaik.

  • Perhatian Lebih pada Perbatasan
    30 Desember 2016

    Perbatasan wilayah sering menjadi titik kritis bagi negara. Di perbatasan, apalagi jika perbatasan itu berada di daratan, kadang muncul cerita negatif mengenai konflik lintas batas, masuk keluarnya warga dengan cara ilegal, lalu lintas barang yang tidak sesuai dengan prosedur, dan sebagainya.

  • Optimisme Angkutan Udara di Tahun Ayam Api
    29 Desember 2016

    di Tahun Ayam Api

  • TIDAK TERIMA LAPORAN DARI BCA
    27 April 2017

    Saya pemilik kartu kredit BCA 1889 8014 45xx. Sudah dua bulan ini tidak menerima billing statement dari bank tersebut dan sudah saya sampaikan keluhan sebanyak tiga kali ke Halo BCA. Namun sejauh ini belum mendapat tanggapan sebagaimana mestinya.

  • PONSEL ILEGAL MERUSAK KOMPETISI PASAR
    27 April 2017

    Apapun alasannya, peredaran ponsel ilegal tidak dapat dibenarkan. Mereka yang mela kukan tindakan tidak terpuji dan merugikan negara ini patut diproses secara hukum. Sebagai salah satu pengguna ponsel resmi, saya ikut prihatin terhadap peredaran ponsel ilegal di Indonesia karena ternyata masih marak juga.

  • TANGGAPAN BANK UOB INDONESIA
    26 April 2017

    Sehubungan dengan surat Bapak Teddy Irawan Tjahjadi yang dimuat harian ini edisi 8 April, kami ingin memberi tanggapan. Bank UOB Indonesia melakukan perjanjian sewa menyewa untuk penggunaan gedung di Jalan Mampang Prapatan No.99, Jakarta Selatan sebagai salah satu kantor cabang.

  • BANK UOB INDONESIA BELUM BAYAR SEWA RUKO
    25 April 2017

    Bank UOB lndonesia menyewa ruko milik saya untuk kantor KCP operasionalnya di ruko Jalan Mampang Prapatan Raya 99, Jakarta.

  • PROMOSIKAN CITA RASA INDONESIA
    21 April 2017

    Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke pameran makanan dan perhotelan di Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran berlangsung cukup meriah dan banyak sekali pengunjung yang datang. Ruang yang dipakai juga cukup luas sehingga terkesan megah.

  • Mengurus STNK di Aceh
    07 Februari 1986

    Daerah Istimewa Aceh yang berpenduduk sekitar 2,8 juta jiwa sudah mulai maju. Banyak masyarakatnya memiliki kendaraan roda dua maupun empat, dan ini jelas membantu kelancaran perhubungan dan ekonomi. Masalahnya, bagaimana melicinkan urusan pemilik kendaraan itu.

  • Jatuhnya harga minyak
    07 Februari 1986

    Akan tampak gegabah untuk berdansa dalam suraman kartel OPEC, walaupun pertemuan komite khususnya di Wina berakhir dengan ketidakcocokan yang payah. Permainan yang kini ada di tangan Arab Saudi, dengan dukungnan beberapa negara garis keras dalam OPEC, merupakan hal yang sulit dan mungkin suatu bahaya, bukan hanya bagi negara pengutang seperti Meksiko dan Venezuela, tetapi juga bagi beberapa negara miskin OPEC.

  • Persaingan tidak sehat
    06 Februari 1986

    Kelesuan ekonomi yang kita rasakan secara nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha nasional ternyata tak urung menimpa pula usaha industri, khususnya industri di daerah Kalimantan Selatan. Memang pengaruh resesi ekonomi yang belum pulih tidak kecil terhadap semua sektor ekonomi kita. Akibat banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK buruh dan karyawannya.

  • Pernyataan Mochtar-Vagi
    06 Februari 1986

    Kunjungan Menlu Papua Nugini Legu Vagi ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan sejawatnya Menlu RI Mochtar Kusumaatmaja dinilai berhasil untuk mempererat persaudaraan kedua bangsa dan meningkatkan saling pengertian dan kerjasama RI-PNG di masa depan.

  • Investasi Jepang di Asean
    06 Februari 1986

    Bagi Asean, memiliki seluk beluk pemikiran Jepang selalu sangat menarik tetapi sekaligus merupakan usaha yang membuat frustasi.... kelompok itu telah berkembang sesuai dengan janji-janji Jepang untuk mendukung perdagangan yang lebih bebas dan kemudahan pemasukan barang-barang kepasar Jepang berbagai janji yang tidak pernah sekali waktu pun ditingkatkan di bawah pemerintahan Yasuhiro Nakasone.

  • Memperpanjang Siklus Krisis Keuangan
    16 Januari 2018

    Bila merujuk imbas krisis keuangan 1998 dan 2008, tentu tak ada satu pun pihak yang mau kejadian itu berulang. Biaya krisis keuangan terlampau besar, demikian juga dengan kerusakan yang ditimbulkan. Perlu bertahun tahun untuk melakukan pemulihan.

  • Menanti Solusi Alternatif Cantrang
    15 Januari 2018

    Sudah sejak lama lautan Indonesia menjadi zona bebas mengeruk uang tunai dari ikan, udang dan hasil-hasil laut lainnya, sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat penyelundupan tekstil, minuman keras hingga narkoba.

  • Menagih Janji Kepastian Investasi
    12 Januari 2018

    Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil baru saja menolak permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membatalkan sertifikat hak guna bangunan atau HGB Pulau D yang sudah diterbitkan.

  • Hati-Hati dengan Impor Beras
    13 Januari 2018

    Kementerian Perdagangan akhirnya hendak mengimpor 500.000 ton beras jenis khusus pada pekan terakhir bulan ini untuk memperkuat stok sekaligus menekan harga beras di tingkat konsumen. Kendati Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan beras yang akan diimpor bersertifikasi khusus dan jenisnya tidak ditanam di dalam negeri, tetap saja banyak pertanya an mengemuka.

  • Mengurai Problem Harga Beras
    10 Januari 2018

    Lagi-lagi, urusan ‘perut’ menghangat. Persoalan kali ini berbeda dengan geger kurang lebih 4 bulan silam soal praktik perdagangan beras yang menyeret sejumlah nama. Kali ini, harga beras menjadi pokok perso alannya.

  • MENUNTASKAN KLB DIFTERI
    16 Januari 2018

    Kejadian luar biasa difteri masih menghantui Indonesia, sehingga ketersediaan vaksinnya harus dipastikan aman untuk semaksimal mungkin mencegah penderita kehilangan nyawa.

  • KONDISI PJU DI BEKASI
    15 Januari 2018

    Lampu penerangan jalan umum (PJU) tentunya bukan untuk hiasan kota, tetapi mempunyai fungsi penting untuk kelengkapan fasilitas sebuah kota. Adanya penerangan membuat yang gelap menjadi terang. Kegelapan sebuah wilayah menimbulkan kerawanan.

  • TRANSAKSI TOL GAGAL
    12 Januari 2018

    Pada 1 Januari 2018 sore, saya berangkat dari Semarang ke Jakarta. Esoknya sekitar pk. 01.00 sampai pintu tol Brebes Timur. Saya melakukan tap e-money dan palang tol terbuka. Satu jam kemudian memasuki pintu tol Kanci, tap e-money lagi dan berhasil.

  • PEMBERDAYAAN ZAKAT
    13 Januari 2018

    Upaya pemberdayaan nyata yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) layak dijadikan contoh. Ini sebuah langkah konkrit yang diharapkan dapat berbuah nyata di lapangan.

  • JALUR BARU LEBARAN 2018
    10 Januari 2018

    Jalan tol sepanjang Pulau Jawa tampaknya akan terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama. Di awal tahun ini saja sudah ada kejelasan bahwa jalan tol Batang-Semarang diproyeksikan dapat dilalui dan menjadi jalur alternatif saat Lebaran 2018 mendatang.