LAPORAN KHUSUS

  • BISNIS KERTAS Kala 'Raja Hutan' Didera Persoalan
    20 Agustus 2014

    Industri pulp dan kertas terus mendapatkan sorotan terkait dengan persoalan lingkungan di tengah rencana pencapaian produksi masing-masing komoditas tersebut secara berkelanjutan dengan total sebesar 20 juta ton dan 19 juta ton pada 2020. Sejumlah laporan organisasi lingkungan gabungan, menyoroti persoalan perolehan bahan baku produsen kertas, terutama terkait dengan pemasok.

  • KATALISATOR PERTUMBUHAN
    Antara Konsumsi & Upah Buruh

    14 November 2013

    Tidak salah jika ekonom New York University Nou riel Roubini menye but Indonesia sebagai salah satu negara ber kembang yang unik.

  • Ekonomi Indonesia
    Melambat Tetapi Lebih Baik

    14 November 2013

    Ketidakpastian kondisi perekonomian global khususnya isu tapering dari Bank Sentral Amerika Serikat, dinilai tak akan berdampak signifikan terhadap iklim investasi di Indonesia.

  • MOMENTUM INVESTASI
    Bersiap untuk Era Ekonomi Baru

    14 November 2013

    Perubahan peta ekonomi global serta perhelatan pemilihan Umum menjadi tantangan besar bagi pertumbuhan investasi Indonesia pada 2014. Namun, pemerintah tetap optimistis investasi dapat menembus sedikitnya Rp500 triliun pada tahun depan dengan mengandalkan sejumlah kebijakan relaksasi.

  • Prinsip 5P Ala Navya Retail Indonesia
    15 Januari 2018

    Pelemahan daya beli tidak menghalangi rencana PT Navya Retail Indonesia untuk terus ekspansi. Perseroan me- matok target pertumbuhan penjualan hingga 6% pada 2018 karena melihat masih ada peluang pada sektor ritel khususnya pada produk-produk yang memiliki sekmenta si yang jelas.

  • CEO PT NAVYA RETAIL INDONESIA, BENJAMIN HANDRADJASA
    “Membangun Pengalaman Pelanggan yang Berkesan”

    15 Januari 2018

    JAKARTA — Kinerja PT Navya Retail Indonesia (Navya) mampu mencuri perhatian di tengah kelesuan ekonomi yang menjalar ke sektor ritel. Pasalnya, belum genap setahun, Navya telah memiliki 41 toko yang menjual berbagai produk dari banyak brand kenamaan. Perkembangan Navya tidak lepas dari sentuhan tangan dingin CEO Navya, Benjamin Handradjasa. Berikut petikan wawancara Bisnis:

  • Siasat ‘Si Kecil’ Hadapi Gempuran Teknologi Digital
    03 Januari 2018

    Kendati belum bisa menjamah produk kelompok bank kecil tetap menjadikan perkembangan digital banking, teknologi digital—beserta perubahan gaya hidup masyarakatnya—sebagai tantangan yang perlu diantisipasi.

  • DIREKTUR UTAMA PT BANK HARDA INTERNASIONAL TBK, BARLIAN HALIM
    “Transformasi Budaya Harus Jalan”

    03 Januari 2018

    JAKARTA — Perkembangan zaman yang sangat dinamis membuat persaingan industri perbankan semakin ketat. Tak pelak, berbagai strategi terus bermunculan, termasuk dari kelompok bank kecil. Bisnis berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT Bank Harda Internasional Tbk. Barlian Halim untuk mengetahui strategi yang dilakukan emiten berkode saham BBHI ini.

  • Memimpin dengan Gaya Keindonesiaan
    10 Juli 2017

    Sofyan Basir datang ke Perusahaan Listrik Negara dengan tugas yang berat,menyukseskan program 35.000 MW. Proyek ambisius sektor kelistrikan itu bahkan diatur melalui Peraturan Presiden.

  • Kesuksesan Usaha yang Berawal dari Modal ‘Mental Bisa’
    08 Januari 2018

    Sebagai CEO PT Surya Warna Putra, Robert Bob Wibawa tidak akan menjadikan pihak lain, termasuk kompetitor, sebagai target yang harus diraih perusahaannya. Arah dan keberlang sungan perusahaan harus disertai dengan target pribadi.

  • CEO PT SURYA WARNA PUTRA, ROBERT BOB WIBAWA
    “Tak Ada Kata Terlalu Dini!”

    08 Januari 2018

    JAKARTA — Tekstil menjadi salah satu industri yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Bagi generasi muda, nyatanya industri ini masih cukup diminati, terlebih prospeknya yang masih sangat menjanjikan. Salah satunya, Robert Bob Wibawa, CEO PT Surya Warna Putra. Bisnis berkesempatan mewawancarainya. Berikut kutipannya:

  • CEO PT BIZZY COMMERCE INDONESIA, ANDREW MAWIKERE
    “Dengan Digital, Semua Transparan”

    05 Juni 2017

    JAKARTA — PT Bizzy Commerce Indonesia (Bizzy) menjadi salah satu pionir business-to-business bidang e-commerce di Tanah Air. Bizzy memosisikan diri berbeda dengan e-commerce yang telah ada. Bagaimana Bizzy menjalankan bisnis selama ini? Berikut petikan wawancara Bisnis Indonesia dengan CEO Bizzy Andrew Mawikere.

  • Mengebut Penjualan, Menyalip Kompetitor
    25 Januari 2017

    Lexus Indonesia menyodok ke peringkat tiga besar pasar roda empat kelas premium di Tanah Air, mengekor posisi BMW dan Mercedes Benz.

  • GM LEXUS INDONESIA ADRIAN TIRTADJAJA Merawat Eksklusivitas
    25 Januari 2017

    JAKARTA — Memasarkan mobil mewah di negara berkembang seperti Indonesia tentu menjadi tantangan bagi pabrikan kendaraan roda empat. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia menjadi salah satu figur penting di balik berkembangnya brand Lexus di Tanah Air sekaligus menjawab tantangan itu. Bisnis berkesempatan mewawancarainya, Selasa (24/1). Berikut petikannya.

  • Perkembangan Teknologi Membuat Bisnis Lebih Efisien
    12 Mei 2017

    Pendiri dan Presiden Komisaris Lippo Group ini bahkan sudah memikirkan strategi untuk menghadapi fenomena tersebut.

  • PENDIRI LIPPO GROUP, MOCHTAR RIADY
    Deal Bisnis Tanpa Lapangan Golf

    12 Mei 2017

    JAKARTA — Pada usia 88 tahun, pengusaha Mochtar Riady masih tampak bugar. Berbicara dengan runtut, rinci bahkan dengan jernih menjelaskan konstelasi arah bisnis digital paling mutakhir.

  • Mendesaknya ‘Aturan Main’
    23 Januari 2017

    Keamanan menjadi isu penting dari market place yang booming tahun dalam beberapa tahunterakhir. Teknologi yang dapat membuat business process lebih ringkas dan efisien justru menjadi celah bagi penjahat siber.

  • CEO AMARTHA FINTEK ANDI TAUFAN G.P. 'Perlahan Membangun Reputasi'
    23 Januari 2017

    JAKARTA — Andi Taufan Garuda Putra berani menantang risiko kala harus meninggalkan pekerjaannya di perusahaan swasta untuk kemudian mendirikan PT Amartha Mikro Fintek. Ia meninggalkan zona nyaman untuk mewujudkan impiannya mengembangkan inklusi finansial di daerah. Untuk mengetahui pandangan dan gagasannya, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya.

  • Mengapa Menonjolkan Perbedaan?
    11 Januari 2017

    Theodore Permadi Rachmat membuka buku catatannya. “Saya tadi sempat membuat list ,” ujarnya ketika menerima wawancara Bisnis di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat pada Senin (9/1).

  • Karyawan Potensial di KS Banyak tetapi Takut Berinovasi
    20 Desember 2017

    Pembenahan menjadi salah satu kata kunci untuk menggambarkan perubahan yang terjadi pada PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Perseroan me lalui manajemen baru saat ini masih berupaya bangkit dari keterpurukan.

  • DIRUT PT KRAKATAU STEEL TBK., MAS WIGRANTORO ROES SETIYADI
    “Era Main-main Sudah Lewat!”

    20 Desember 2017

    JAKARTA – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. menjadi salah satu BUMN yang terus berbenah di bawah manajemen baru.

  • Terus Berinovasi Menghadapi Kerasnya Tantangan
    16 Juni 2017

    Ketika ditanya terkait dengan tantangan yang akan dihadapi, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo enggan menyebut secara spesifik. Dia hanya mengatakan tantangan di depan mata akan banyak.

  • DIREKTUR UTAMA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK., KARTIKA WIRJOATMODJO
    "Tegas sebagai Agen Pembangunan"

    16 Juni 2017

    JAKARTA — Pemerintah baru saja meluncurkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif untuk memperdalam penetrasi sektor keuangan. Lantas, bagaimana perbankan BUMN melakukan penyesuaian agar mampu berkontribusi besar dalam prioritas pemerintah ini? Bisnis mewawancarai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Kartika Wirjoatmodjo. Berikut kutipannya.

  • Rini Soemarno & Agenda Sinergi BUMN
    14 Juni 2017

    Ada cerita kecil sebelum Menteri BUMN Rini Soemarno dan sejum lah BUMN membagi bingkisan berisi bahan makanan pokok di Jabodetabek, Selasa (13/6), yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

  • AIR KERAS UNTUK NOVEL Tragedi Sang Penyidik Tangguh
    13 April 2017

    Serangan air keras dua oknum tak dikenal pada Selasa, 12 April 2017 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan, menambah daftar teror yang terjadi sebelumnya. Komitmen negara untuk memberantas aksi korupsi pun kembali diuji.

  • Momentum KPK Agar Mengaum Lebih Keras
    20 April 2017

    Kasus teror kepada pe nyidik KPK menyiratkan masih kuat nya kapasitas beberapa - pihak yang gerah dengan pemberantasan korupsi di Ta nah Air. Kondisi ini tidak bisa dipandang sepele karena ber potensi mendistorsi ekonomi.

  • Transportasi Daring dalam Pusaran Gejolak
    30 Maret 2017

    Efisiensi yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi memberikan dampak positif kepada hampir seluruh sektor kebutuhan manusia. Tidak terkecuali sektor transportasi.

  • POLEMIK TAKSI ONLINE
    Jalan Tengah bagi 'Pemburu Argo'

    30 Maret 2017

    Perseteruan antarpengusaha taksi konvensional dan taksi online sempat menjadi bola panas yang mengkhawatirkan semua pihak. Api rusuh kedua kelompok ini sempat menjalar ke sejumlah daerah.

  • Mimpi Buruk Didatangi ‘Truk Eksekutor’
    03 Maret 2017

    Duapuluh satu tahun bukanlah waktu yang singkat bagi seorang Nia, istri dari salah satu karyawan PT Freeport Indonesia, untuk menenun kenangan bersama keluarga di Papua. Waktu pergi pun tiba.

  • 4 Kunci Menata Ulang Organisasi ala Pak Dirjen
    09 Januari 2018

    Penataan internal menjadi salah satu fokus Freddy Harris dalam setahun pertama kepe mimpinannya di Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pasalnya, organisasi menjadi kunci berjalan atau tidaknya proses bisnis yang berujung pada kualitas pelayanan masyarakat.

  • DIRJEN KEKAYAAN INTELEKTUAL KEMENKUMHAM, FREDDY HARRIS
    “Yang Tak Berkomitmen, Minggir!”

    09 Januari 2018

    JAKARTA — Perlindungan kekayaan intelektual di Tanah Air masih tergolong lemah. Berdasarkan data survei terbaru Global Intellectual Property Center, Indonesia berada di ranking 39 dari 45 negara. Bisnis berkesempatan mewawancarai Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Freddy Harris untuk mencari tahu situasi dan kebijakan yang diambil pemerintah terkait dengan hal tersebut. Berikut kutipannya:

  • Membangun Rumah MBR Berkejaran dengan Harga Lahan
    04 Januari 2018

    Harga lahan, terutama di perkotaan yang cenderung naik dari waktu ke waktu membuat masyarakat, secara alamiah, mencari lokasi di daerah pinggiran. Tidak terkecuali para pengembang properti.

  • KETUA UMUM DPP REALESTAT INDONESIA, SOELAEMAN SOEMAWINATA,br>“Perbanyak Kota-Kota Baru!”
    04 Januari 2018

    JAKARTA — Program sejuta rumah menjadi salah satu jurus pemerintah untuk mengatasi kurangnya ketersediaan rumah di Indonesia yang diperkirakan mencapai 11,4 juta unit hunian. Lantas bagaimana pelaku usaha melihat ambisi pemerintah ini? Apa pula yang mereka harapkan dan lakukan? Bisnis berkesempatan mewawancarai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (DPP REI), Soelaeman Soemawinata untuk mengetahui hal tersebut. Berikut kutipannya:

  • PENGELOLAAN LAHAN GAMBUT
    BRG Bukan Semata Urusan Kebakaran

    27 Desember 2017

    Komitmen pemerintah meredam kebakaran hutan khususnya pada lahan gambut patut diapresiasi. Selama 2 ta hun terakhir, kebakaran hutan di lahan gambut terus ditekan sambil berupaya mengem bangkan potensi ekonomi.