LAPORAN KHUSUS

  • BISNIS KERTAS Kala 'Raja Hutan' Didera Persoalan
    20 Agustus 2014

    Industri pulp dan kertas terus mendapatkan sorotan terkait dengan persoalan lingkungan di tengah rencana pencapaian produksi masing-masing komoditas tersebut secara berkelanjutan dengan total sebesar 20 juta ton dan 19 juta ton pada 2020. Sejumlah laporan organisasi lingkungan gabungan, menyoroti persoalan perolehan bahan baku produsen kertas, terutama terkait dengan pemasok.

  • KATALISATOR PERTUMBUHAN
    Antara Konsumsi & Upah Buruh

    14 November 2013

    Tidak salah jika ekonom New York University Nou riel Roubini menye but Indonesia sebagai salah satu negara ber kembang yang unik.

  • Ekonomi Indonesia
    Melambat Tetapi Lebih Baik

    14 November 2013

    Ketidakpastian kondisi perekonomian global khususnya isu tapering dari Bank Sentral Amerika Serikat, dinilai tak akan berdampak signifikan terhadap iklim investasi di Indonesia.

  • MOMENTUM INVESTASI
    Bersiap untuk Era Ekonomi Baru

    14 November 2013

    Perubahan peta ekonomi global serta perhelatan pemilihan Umum menjadi tantangan besar bagi pertumbuhan investasi Indonesia pada 2014. Namun, pemerintah tetap optimistis investasi dapat menembus sedikitnya Rp500 triliun pada tahun depan dengan mengandalkan sejumlah kebijakan relaksasi.

  • Menjadi Chosen Company demi Pasar dan Investor
    20 Juni 2017

    Warih Andang Tjahjono mengaku tidak menyangka keputusannya bergabung bersama PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia setelah lulus kuliah jurusan Teknik Kimia bisa menghantarkannya menempati posisi puncak karier.

  • CEO PT TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA (TMMIN), WARIH ANDANG TJAHJONO
    “Kebijakan Kita Harus Bagus”

    20 Juni 2017

    JAKARTA — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjadi salah satu pemain utama industri otomotif nasional. Untuk pertama kalinya, perusahaan yang memproduksi mobil Toyota itu menempatkan orang Indonesia pada level pimpinan. Bisnis Indonesia berkesempatan mewawancarai Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, berikut petikannya:

  • Sang Kutu Loncat Pencipta Memori Indah bagi Para Tamu
    15 Juni 2017

    Bermimpi menjadi seorang CEO di perusahaan terpandang mungkin tak pernah terlintas dalam benak Arthur Kiong muda. Namun, siapa sangka, garis takdir membawanya sampai berlabuh ke posisi terhormat itu.

  • CEO FAR EAST HOSPITALITY, ARTHUR KIONG
    “Konsep Kami Berbeda”

    15 Juni 2017

    SINGAPURA — Operator hotel asal Singapura Far East Hospitality mengklaim bersiap menggebrak pasar perhotelan Indonesia. Jakarta masih dianggap sebagai tempat menarik untuk berinvestasi kendati okupansi hotel tercatat mengalami degradasi. Lantas, apa tips and trick perusahaan agar bisnisnya berhasil di Indonesia? Berikut petikan wawancara Bisnis dengan CEO Far East Hospitality Arthur Kiong di Singapura beberapa waktu lalu.

  • Mengharmoniskan Keberagaman dalam Angkatan Kerja
    12 Juni 2017

    Mengatur keberagaman karyawan dalam suatu harmoni untuk mencapai tujuan menjadi salah satu tantangan terbesar Taufick D. Mochtar, Chief Executive Officer RPX Group.

  • CEO PT BIZZY COMMERCE INDONESIA, ANDREW MAWIKERE
    “Dengan Digital, Semua Transparan”

    05 Juni 2017

    JAKARTA — PT Bizzy Commerce Indonesia (Bizzy) menjadi salah satu pionir business-to-business bidang e-commerce di Tanah Air. Bizzy memosisikan diri berbeda dengan e-commerce yang telah ada. Bagaimana Bizzy menjalankan bisnis selama ini? Berikut petikan wawancara Bisnis Indonesia dengan CEO Bizzy Andrew Mawikere.

  • Mengebut Penjualan, Menyalip Kompetitor
    25 Januari 2017

    Lexus Indonesia menyodok ke peringkat tiga besar pasar roda empat kelas premium di Tanah Air, mengekor posisi BMW dan Mercedes Benz.

  • GM LEXUS INDONESIA ADRIAN TIRTADJAJA Merawat Eksklusivitas
    25 Januari 2017

    JAKARTA — Memasarkan mobil mewah di negara berkembang seperti Indonesia tentu menjadi tantangan bagi pabrikan kendaraan roda empat. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia menjadi salah satu figur penting di balik berkembangnya brand Lexus di Tanah Air sekaligus menjawab tantangan itu. Bisnis berkesempatan mewawancarainya, Selasa (24/1). Berikut petikannya.

  • CEO PT GO-JEK INDONESIA NADIEM MAKARIM
    'Perang demi Pangsa Pasar'

    13 September 2016

    Sulit disangkal, Go-Jek telah menjadi salah satu pelopor men- jamurnya perusahaan rintisan berbasis teknologi di Tanah Air. Go-Jek memiliki peran yang vital karena sangat merakyat dan memberdayakan banyak pengemudi ojek. masalah kemacetan di Ibu Kota. Model bisnis awal terbilang Kehadiran Go-Jek berangkat dari keprihatinan terhadap sangat sederhana yakni bagaimana memin dahkan orang dan barang secara cepat dan murah.

  • Gagas Insentif Desa untuk Cegah Kebakaran
    17 Desember 2014

    Maklum saja, beberapa lini bisnis perusahaan itu bersinggungan dengan aktivitas lingkungan, seperti kehutanan melalui PT Riau Andalan Pulp & Paper dan industri kelapa sawit lewat PT Asian Agri.

  • Perkembangan Teknologi Membuat Bisnis Lebih Efisien
    12 Mei 2017

    Pendiri dan Presiden Komisaris Lippo Group ini bahkan sudah memikirkan strategi untuk menghadapi fenomena tersebut.

  • PENDIRI LIPPO GROUP, MOCHTAR RIADY
    Deal Bisnis Tanpa Lapangan Golf

    12 Mei 2017

    JAKARTA — Pada usia 88 tahun, pengusaha Mochtar Riady masih tampak bugar. Berbicara dengan runtut, rinci bahkan dengan jernih menjelaskan konstelasi arah bisnis digital paling mutakhir.

  • Mendesaknya ‘Aturan Main’
    23 Januari 2017

    Keamanan menjadi isu penting dari market place yang booming tahun dalam beberapa tahunterakhir. Teknologi yang dapat membuat business process lebih ringkas dan efisien justru menjadi celah bagi penjahat siber.

  • CEO AMARTHA FINTEK ANDI TAUFAN G.P. 'Perlahan Membangun Reputasi'
    23 Januari 2017

    JAKARTA — Andi Taufan Garuda Putra berani menantang risiko kala harus meninggalkan pekerjaannya di perusahaan swasta untuk kemudian mendirikan PT Amartha Mikro Fintek. Ia meninggalkan zona nyaman untuk mewujudkan impiannya mengembangkan inklusi finansial di daerah. Untuk mengetahui pandangan dan gagasannya, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya.

  • Mengapa Menonjolkan Perbedaan?
    11 Januari 2017

    Theodore Permadi Rachmat membuka buku catatannya. “Saya tadi sempat membuat list ,” ujarnya ketika menerima wawancara Bisnis di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat pada Senin (9/1).

  • Terus Berinovasi Menghadapi Kerasnya Tantangan
    16 Juni 2017

    Ketika ditanya terkait dengan tantangan yang akan dihadapi, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo enggan menyebut secara spesifik. Dia hanya mengatakan tantangan di depan mata akan banyak.

  • DIREKTUR UTAMA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK., KARTIKA WIRJOATMODJO
    "Tegas sebagai Agen Pembangunan"

    16 Juni 2017

    JAKARTA — Pemerintah baru saja meluncurkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif untuk memperdalam penetrasi sektor keuangan. Lantas, bagaimana perbankan BUMN melakukan penyesuaian agar mampu berkontribusi besar dalam prioritas pemerintah ini? Bisnis mewawancarai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Kartika Wirjoatmodjo. Berikut kutipannya.

  • Rini Soemarno & Agenda Sinergi BUMN
    14 Juni 2017

    Ada cerita kecil sebelum Menteri BUMN Rini Soemarno dan sejum lah BUMN membagi bingkisan berisi bahan makanan pokok di Jabodetabek, Selasa (13/6), yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

  • SINERGI BUMN
    Ramadan untuk Berbagi

    14 Juni 2017

    Ratusan warga Depok meramaikan sekitar Masjid At-Taqwa. Di sana, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyalurkan bingkisan Ramadan kepada warga sekitar. Hal itu dilakukan dalam program Safari Ramadhan bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri.

  • Militansi, Modal Penting untuk Memenangi Persaingan
    07 Juni 2017

    Ketatnya persaingan industri perbankan membuat tiap bank harus memiliki nilai lebih. Achmad Baiquni, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., menyadari betul hal itu. Ketika kembali ke BNI setelah sempat berpetualan di BRI, Baiquni menilai BNI perlu merevitalisasi nilai-nilai perusahaan.

  • AIR KERAS UNTUK NOVEL Tragedi Sang Penyidik Tangguh
    13 April 2017

    Serangan air keras dua oknum tak dikenal pada Selasa, 12 April 2017 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan, menambah daftar teror yang terjadi sebelumnya. Komitmen negara untuk memberantas aksi korupsi pun kembali diuji.

  • Momentum KPK Agar Mengaum Lebih Keras
    20 April 2017

    Kasus teror kepada pe nyidik KPK menyiratkan masih kuat nya kapasitas beberapa - pihak yang gerah dengan pemberantasan korupsi di Ta nah Air. Kondisi ini tidak bisa dipandang sepele karena ber potensi mendistorsi ekonomi.

  • Transportasi Daring dalam Pusaran Gejolak
    30 Maret 2017

    Efisiensi yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi memberikan dampak positif kepada hampir seluruh sektor kebutuhan manusia. Tidak terkecuali sektor transportasi.

  • POLEMIK TAKSI ONLINE
    Jalan Tengah bagi 'Pemburu Argo'

    30 Maret 2017

    Perseteruan antarpengusaha taksi konvensional dan taksi online sempat menjadi bola panas yang mengkhawatirkan semua pihak. Api rusuh kedua kelompok ini sempat menjalar ke sejumlah daerah.

  • Mimpi Buruk Didatangi ‘Truk Eksekutor’
    03 Maret 2017

    Duapuluh satu tahun bukanlah waktu yang singkat bagi seorang Nia, istri dari salah satu karyawan PT Freeport Indonesia, untuk menenun kenangan bersama keluarga di Papua. Waktu pergi pun tiba.

  • Hoax Bisa Membuat Negara Tidak Stabil
    22 Mei 2017

    Tidak dapat dipungkirikehadiran Internetmengubah banyakhal dalam cara hidup masyarakat karena manawarkan banyak kemudahan. Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna Internet yang sangat cepat.

  • KETUA ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII), JAMALUL IZZA
    “Masalahnya Ada di Pembiayaan”asalahnya Ada di Pembiayaan”

    22 Mei 2017

    JAKARTA — Kehadiran Internet ibarat pisau bermata dua, bisa membuka banyak peluang digital economy tetapi bisa juga menjadi ancaman sibernetika.

  • Memantik Semangat Pemda demi Mengakselerasi Infrastruktur
    09 Mei 2017

    Partisipasi aktif dari pemerintah daerah menjadi aspek yang krusial dalam upaya akselerasi pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

  • MENTERI PPN/KEPALA BAPPENAS, BAMBANG P.S. BRODJONEGORO
    “Risiko Politik Akan Ditanggung”

    09 Mei 2017

    JAKARTA — Keterbatasan APBN dalam membiayai berbagai proyek prioritas nasional membuat pemerintah terus memutar otak dalam pendanaan. Teranyar, pada awal tahun ini, pemerintah meluncurkan PINA. Bagaimana perkembangan skema ini? Bisnis berkesempatan mewawancarai Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro terkait hal tersebut. Berikut petikannya:

  • Mimpi Boediarso, Mematangkan Aspek Fundamental Desentralisasi
    02 Mei 2017

    Sebelum purnatugas dari Kemenkeu, ada hal yang ingin dilaukan Boe diarso Teguh Wi dodo, ya itu mematangkan as pek fundamental desentralisasi fi skal.

 
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg

Regulation

Regulation Lainnya...