LAPORAN KHUSUS

  • BISNIS KERTAS Kala 'Raja Hutan' Didera Persoalan
    20 Agustus 2014

    Industri pulp dan kertas terus mendapatkan sorotan terkait dengan persoalan lingkungan di tengah rencana pencapaian produksi masing-masing komoditas tersebut secara berkelanjutan dengan total sebesar 20 juta ton dan 19 juta ton pada 2020. Sejumlah laporan organisasi lingkungan gabungan, menyoroti persoalan perolehan bahan baku produsen kertas, terutama terkait dengan pemasok.

  • KATALISATOR PERTUMBUHAN
    Antara Konsumsi & Upah Buruh

    14 November 2013

    Tidak salah jika ekonom New York University Nou riel Roubini menye but Indonesia sebagai salah satu negara ber kembang yang unik.

  • Ekonomi Indonesia
    Melambat Tetapi Lebih Baik

    14 November 2013

    Ketidakpastian kondisi perekonomian global khususnya isu tapering dari Bank Sentral Amerika Serikat, dinilai tak akan berdampak signifikan terhadap iklim investasi di Indonesia.

  • MOMENTUM INVESTASI
    Bersiap untuk Era Ekonomi Baru

    14 November 2013

    Perubahan peta ekonomi global serta perhelatan pemilihan Umum menjadi tantangan besar bagi pertumbuhan investasi Indonesia pada 2014. Namun, pemerintah tetap optimistis investasi dapat menembus sedikitnya Rp500 triliun pada tahun depan dengan mengandalkan sejumlah kebijakan relaksasi.

  • Aroma Diskriminasi Bank Syariah Masih Menyengat
    22 Maret 2017

    Fakta Indonesia sebagai negara dengan pen duduk muslim terbesar di dunia tidak sertamerta membuat industri syariah melenggang. Nyatanya, pelaku industri syariah masih harus meminta dukungan dari berbagai pihak agar dapat bertahan di dalam negeri.

  • PRESIDEN DIREKTUR PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. ENDY ABDURRAHMAN
    “Islami Itu Soal Integritas”

    22 Maret 2017

    JAKARTA — Perbankan syariah masih menjadi industri keuangan kurang populer di Indonesia yang notabene berpenduduk mayoritas muslim. Rendahnya daya saing perusahaan berkonsep Islam itu kerap disebut-sebut sebagai masalah mendasar. Endy Abdurrahman, Presiden Direktur PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menuturkan pengalamannya memasuki industri perbankan syariah setelah lama bergulat di bank konvensional. Berikut ini petikannya.

  • Membangun Brand yang Kuat Mirip Tugas Manajer Sepak Bola
    15 Maret 2017

    Riko Setyabudhy Handoko, CEO Samko Timber Ltd., masih menyimpan satu ob sesi yakni menjadi pelatih se pak bola. Kecintaan Riko ter hadap si kulit bundar bermula ketika duduk di bangku sekolah.

  • CEO SAMKO TIMBER LTD. RIKO S. HANDOKO “Bukan Cuma Jago Kandang”
    15 Maret 2017

    JAKARTA — Seorang pemimpin perusahaan yang bervisi global, inovatif dan pantang menyerah terhadap tantangan, berpeluang besar membawa perusahaan tersebut semakin baik, besar dan mendunia. Seakan tidak ingin menyia-nyiakan tantangan yang dititahkan oleh pemegang saham, Riko S. Handoko mantap memilih pulang ke Indonesia dari kariernya yang mentereng di luar negeri dan menjadi pengendali utama Samko Timber Ltd. Melalui sentuhannya, Samko berhasil dipoles menjadi perusahaan berkaliber dunia. Bisnis mendapat kesempatan berbincang lebih dalam mengenai banyak hal. Berikut petikannya.

  • COUNTRY MANAGER PT ALLPROPERTY MEDIA WASUDEWAN Ingin Jadi Andalan di Properti
    09 Maret 2017

    JAKARTA — Penetrasi teknologi yang kian masif ke seluruh sendi kehidupan dan bisnis, membuat industri properti dituntut gesit berinovasi agar tak terlindas oleh kerasnya persaingan. Rumah.com menjadi salah satu situs properti yang diklaim berkembang pesat melalui pemanfaatan teknologi. Wasudewan, Country Manager PT Allproperty Media, Propertyguru Group, mengungkapkan perjalanan bisnis perusahaan global yang dinakhodainya, hingga mampu menjadi pemimpin pasar di bidang jasa TI melalui Rumah.com. Berikut petikan wawancaranya.

  • Mengebut Penjualan, Menyalip Kompetitor
    25 Januari 2017

    Lexus Indonesia menyodok ke peringkat tiga besar pasar roda empat kelas premium di Tanah Air, mengekor posisi BMW dan Mercedes Benz.

  • GM LEXUS INDONESIA ADRIAN TIRTADJAJA Merawat Eksklusivitas
    25 Januari 2017

    JAKARTA — Memasarkan mobil mewah di negara berkembang seperti Indonesia tentu menjadi tantangan bagi pabrikan kendaraan roda empat. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia menjadi salah satu figur penting di balik berkembangnya brand Lexus di Tanah Air sekaligus menjawab tantangan itu. Bisnis berkesempatan mewawancarainya, Selasa (24/1). Berikut petikannya.

  • CEO PT GO-JEK INDONESIA NADIEM MAKARIM
    'Perang demi Pangsa Pasar'

    13 September 2016

    Sulit disangkal, Go-Jek telah menjadi salah satu pelopor men- jamurnya perusahaan rintisan berbasis teknologi di Tanah Air. Go-Jek memiliki peran yang vital karena sangat merakyat dan memberdayakan banyak pengemudi ojek. masalah kemacetan di Ibu Kota. Model bisnis awal terbilang Kehadiran Go-Jek berangkat dari keprihatinan terhadap sangat sederhana yakni bagaimana memin dahkan orang dan barang secara cepat dan murah.

  • Gagas Insentif Desa untuk Cegah Kebakaran
    17 Desember 2014

    Maklum saja, beberapa lini bisnis perusahaan itu bersinggungan dengan aktivitas lingkungan, seperti kehutanan melalui PT Riau Andalan Pulp & Paper dan industri kelapa sawit lewat PT Asian Agri.

  • Anderson Tanoto ‘Jalan Saya Masih Panjang’
    17 Desember 2014

    Keputusan untuk meneruskan bisnis keluarga Sukanto Tanoto di bawah bendera Royal Golden Eagle dianggap bukan sebagai beban bagi seorang Tanotorena menyangkut tanggung jawab terhadap keluarga, karyawan dan masyarakat. Bagaimana gaya dan filoso. Baginya, kelangsungan bisnis itu penting kaAnderson - - - finya dalam mengelola usaha yang dipercayakan kepadanya? Dalam satu kesempatan, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya:

  • Mendesaknya ‘Aturan Main’
    23 Januari 2017

    Keamanan menjadi isu penting dari market place yang booming tahun dalam beberapa tahunterakhir. Teknologi yang dapat membuat business process lebih ringkas dan efisien justru menjadi celah bagi penjahat siber.

  • CEO AMARTHA FINTEK ANDI TAUFAN G.P. 'Perlahan Membangun Reputasi'
    23 Januari 2017

    JAKARTA — Andi Taufan Garuda Putra berani menantang risiko kala harus meninggalkan pekerjaannya di perusahaan swasta untuk kemudian mendirikan PT Amartha Mikro Fintek. Ia meninggalkan zona nyaman untuk mewujudkan impiannya mengembangkan inklusi finansial di daerah. Untuk mengetahui pandangan dan gagasannya, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya.

  • Mengapa Menonjolkan Perbedaan?
    11 Januari 2017

    Theodore Permadi Rachmat membuka buku catatannya. “Saya tadi sempat membuat list ,” ujarnya ketika menerima wawancara Bisnis di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat pada Senin (9/1).

  • FOUNDER TRIPUTRA GROUP THEODORE PERMADI RACHMAT Good Things Harus Disebar Luas
    11 Januari 2017

    JAKARTA — T. P. Rachmat disebut sebagai salah satu orang terkaya Indonesia dengan aset sekitar US$2 miliar. Namun, perjalanan panjangnya dalam berbisnis tidaklah selalu mulus. Ada jatuh dan bangun, yang dilaluinya bersama salah satu sejawat terdekatnya Benny Subianto yang berbeda latar belakang dan agama. Kepada Bisnis, T. P. Rachmat berkisah tentang pengalamannya membangun bisnis, serta keresahannya terhadap kondisi dalam negeri akhir-akhir ini. Berikut petikan wawancaranya.

  • Inovasi dan Dekatkan Pelayanan
    07 November 2016

    Dalam era persaingan yang sangat ketat, inovasi menjadi kunci untuk jadi pemenang. Asril, Direktur Utama PT Kunango Jantan, perusahaan yang berbasis di Sumbar dan Riau itu menyadari betul kondisi tersebut.

  • Transportasi Ibu Kota Harus OK
    20 Maret 2017

    Tidak dapat dipungkiri selama beberapa tahun terakhir wajah bus Transjakarta menjadi lebih baik. Moda transportasi andalan Ibu Kota ini berani menggunakan kendaraan dengan spesifi kasi yang mumpuni untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

  • PRESIDEN DIREKTUR PT TRANSPORTASI JAKARTA BUDI KALIWONO
    “Kami Sudah Berubah”

    20 Maret 2017

    JAKARTA — Sejak pertama kali mengaspal, Transjakarta telah menjadi salah satu ikon Pemprov DKI Jakarta. Moda transportasi yang dirancang untuk mengangkut banyak orang agar berpindah ke transportasi massal ini telah menjelma menjadi salah satu alternatif bepergian yang aman, nyaman, dan murah. Apa saja perubahan Transjakarta? Bagaimana rencana peningkatan layanan Transjakarta ke depan? Bisnis berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono. Berikut petikannya:

  • DIREKTUR UTAMA PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO) EMMA SRI MARTINI “Bukan Cuma Masalah Pendanaan”
    13 Maret 2017

    JAKARTA — Hampir sewindu PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) hadir sebagai perusahaan pembiayaan infrastruktur. Melalui beragam fitur pembiayaan, SMI menjelma menjadi salah satu pemain sentral untuk pembiayaan di hampir semua proyek strategis pemerintah. Untuk mengetahui apa saja tantangan pembiayaan infrastruktur di Tanah Air dan strategi SMI ke depan, Bisnis Indonesia mewawancarai Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Emma Sri Martini, berikut petikannya.

  • Soliditas Tekad demi Kemajuan Infrastruktur Nasional
    13 Maret 2017

    Sempat bercita-cita menjadi pramugari dan dokter, Emma Sri Martini akhirnya berlabuh di PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).Ketertarikan menjadi pramugari karena melihat pramugari selalu bepergian, sedangkan keinginan menjadi dokter muncul karena ingin menolong orang lain.

  • HARI PERHUBUNGAN DARAT Kereta Api Kunci Integrasi Antarmoda
    22 November 2016

    Setiap 22 November diperingati sebagai Hari Perhubungan Darat. Berbicara perhubungan darat otomatis terkait dengan angkutan jalan raya dan angkutan berbasis rel yang keduanya masih didera sejumlah persoalan. Pemerintah meyakini inti persoalannya bertumpu pada masalah infrastruktur. Hal itu, sejalan dengan kebijakan Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla yang berkomitmen kuat untuk memacu pembangunan infrastruktur jalan, jembatan hingga jalur kereta api di luar Pulau Jawa. Bagaimana potret angkutan darat saat ini, khususnya perkembangan sarana angkutan kereta api yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah? Bisnis mewawancari M. Kuncoro Wibowo selaku Direktur Komersial dan TI PT Kereta Api Indonesia (Persero). Berikut petikannya.

  • Transportasi Daring dalam Pusaran Gejolak
    30 Maret 2017

    Efisiensi yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi memberikan dampak positif kepada hampir seluruh sektor kebutuhan manusia. Tidak terkecuali sektor transportasi.

  • POLEMIK TAKSI ONLINE
    Jalan Tengah bagi 'Pemburu Argo'

    30 Maret 2017

    Perseteruan antarpengusaha taksi konvensional dan taksi online sempat menjadi bola panas yang mengkhawatirkan semua pihak. Api rusuh kedua kelompok ini sempat menjalar ke sejumlah daerah.

  • Mimpi Buruk Didatangi ‘Truk Eksekutor’
    03 Maret 2017

    Duapuluh satu tahun bukanlah waktu yang singkat bagi seorang Nia, istri dari salah satu karyawan PT Freeport Indonesia, untuk menenun kenangan bersama keluarga di Papua. Waktu pergi pun tiba.

  • SENGKETA PERTAMBANGAN
    Menebak Epilog Kisruh Freeport

    03 Maret 2017

    Ancaman untuk membawa sengketa bisnis pertambangan ke badan arbitrase internasional oleh Freeport McMoRan Inc. beberapa waktu lalu, bukanlah kali pertama dilakukan sejak diterbitkannya Undang-Undang No.4/2009 tentang Mineral dan Batubara.

  • Awas, Benalu di Sekitar Anda!
    24 Februari 2017

    Investasi bodong menjadi benalu pada pertumbuhan industri keuangan di Tanah Air. Modus investasi abal-abal ini muncul dalam banyak cara dan wajah mulai dari koperasi, bursa berjangka, money game dan lainnya dengan menjanjikan imbal hasil yang umumnya lebih dari pada yang biasanya.

  • Banjir Program untuk Mengembalikan Gairah Hidup Koperasi
    29 Maret 2017

    Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mendapatkan tugas khusus untuk kembali membesarkan lembaga kope rasi sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Dengan target yang terbilang muluk, Kementerian Koperasi pun harus membuat strategi yang tepat untuk mencapainya.

  • MENTERI KOPERASI DAN UKM ANAK AGUNG GEDE NGURAH PUSPAYOGA
    “Koperasi Bisa Menjadi Kekuatan Dahsyat”

    29 Maret 2017

    Sejak 2015 pemerintah menggulirkan program aksi reformasi koperasi melalui tiga tahapan, yakni rehabilitasi koperasi, reorientasi koperasi, dan pengembangan koperasi. Melalui langkah itu, pemerintah berharap koperasi tidak hanya berorientasi kepada kuantitas tetapi juga memperkuat kualitasnya.

  • Kesenjangan, Lahan Subur Tumbuhnya Konservatisme
    14 Maret 2017

    Pemerintah menjadi kian repot menghalau kabar bohong alias hoax beberapa waktu belakangan ini. Isu penistaan terhadap agama hingga tenaga kerja asing ilegal asal China misalnya, menjadi bola panas yang mesti diklarifi kasi pemerintah, karena memiliki dampak terhadap stabilitas.

  • DEPUTI IV KANTOR STAF PRESIDEN EKO SULISTYO Hoax Harus Dilawan
    14 Maret 2017

    JAKARTA — Cepatnya penyebaran informasi sebagai salah satu dampak kemajuan teknologi komunikasi digital menjadi sejumlah hal yang perlu diwaspadai pemerintah. Maraknya hoax, fake news, fitnah ataupun disinformasi di media sosial pun perlu segera dilawan agar masyarakat tidak salah dan tersesat dalam mendapatkan serta mengonsumsi informasi. Eko Sulistyo, Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi pada Kantor Staf Presiden, menyampaikan sejumlah persoalan yang dihadapi pemerintah dalam melakukan komunikasi dan diseminasi informasi, kepada Bisnis di kantornya. Berikut petikan hasil wawancara tersebut.

  • 2017, Tahun Kebangkitan Pasar Elektronik Domestik?
    01 Maret 2017

    Tahun lalu bukan waktu yang baik bagi industri elektronik Indonesia. Penurunan tajam harga komoditas dan per lambatan pertumbuhan ekonomi yang te lah berlangsung sejak 2015 menghan tam kepercayaan konsumen di Tanah Air.

 
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg