LAPORAN KHUSUS

  • BISNIS KERTAS Kala 'Raja Hutan' Didera Persoalan
    20 Agustus 2014

    Industri pulp dan kertas terus mendapatkan sorotan terkait dengan persoalan lingkungan di tengah rencana pencapaian produksi masing-masing komoditas tersebut secara berkelanjutan dengan total sebesar 20 juta ton dan 19 juta ton pada 2020. Sejumlah laporan organisasi lingkungan gabungan, menyoroti persoalan perolehan bahan baku produsen kertas, terutama terkait dengan pemasok.

  • KATALISATOR PERTUMBUHAN
    Antara Konsumsi & Upah Buruh

    14 November 2013

    Tidak salah jika ekonom New York University Nou riel Roubini menye but Indonesia sebagai salah satu negara ber kembang yang unik.

  • Ekonomi Indonesia
    Melambat Tetapi Lebih Baik

    14 November 2013

    Ketidakpastian kondisi perekonomian global khususnya isu tapering dari Bank Sentral Amerika Serikat, dinilai tak akan berdampak signifikan terhadap iklim investasi di Indonesia.

  • MOMENTUM INVESTASI
    Bersiap untuk Era Ekonomi Baru

    14 November 2013

    Perubahan peta ekonomi global serta perhelatan pemilihan Umum menjadi tantangan besar bagi pertumbuhan investasi Indonesia pada 2014. Namun, pemerintah tetap optimistis investasi dapat menembus sedikitnya Rp500 triliun pada tahun depan dengan mengandalkan sejumlah kebijakan relaksasi.

  • Mengembalikan Kejayaan Hotel Indonesia
    17 Mei 2017

    Iswandi Said, Direktur Utama HIN menuturkan kehadiran Hotel Indonesia Grup (HIG) menjadi berkah dan peluang untuk mengangkat kembali kejayaan hotel-hotel milik pemerintah.

  • CEO PT HOTEL INDONESIA NATOUR (PERSERO), ISWANDI SAID
    Bersinergi Biar Lebih Kuat

    17 Mei 2017

    JAKARTA — Nama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) belakang mencuat karena berbagai pembenahan dan inovasi yang dilakukan untuk pengelolaan hotel milik BUMN. Kehadiran sosok Iswandi Said sebagai Direktur Utama HIN menjadi salah satu faktor yang tidak bisa dipisahkan dari upaya perbaikian kualitas yang dilakukan perusahaan hotel pelat merah ini. Bisnis Indonesia berkesempatan mewawancarai berbagai hal termasuk apa saja rencana ke depan perusahaan? Berikut petikannya.

  • “Kami Mau Berlari, tetapi Saat Melihat ke Belakang…”
    08 Mei 2017

    Sulit dibantah jika kelahiran PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) terjadi pada momen yang tepat. Ketika pemerintah tengah menggencarkan proyekproyek infrastruktur, WSBP hadir untuk mengisi celah pemasok precast dan ready mix. Anak usaha PT Waskita Karya Tbk., ini juga tercatat sukses ketika menawarkan saham perdana di pasar dengan mendapatkan dana segar Rp5,16 triliun. Tambah lagi sinergi dengan anak induk usaha membuat WSBP tumbuh sangat cepat.

  • CEO PT WASKITA BETON PRECAST TBK. JAROT SUBANA
    “Tantangan Terbesar Ada di SDM”

    08 Mei 2017

    JAKARTA — Pada usianya yang baru seumur jagung, PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) dengan cepat menjadi salah satu penguasa pasar precast dan ready mix di Tanah Air. Anak usaha PT Waskita Karya Tbk. ini mendapat berkah dari banyaknya proyek infrasturktur yang menjadi salah satu program prioritas pembangunan. Apa saja target perseroan mendatang? Berikut petikan wawancara eksklusif Redaksi Bisnis Indonesia dengan Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk. Jarot Subana.

  • Terlibat Lebih Dalam demi Selamatkan Usaha Keluarga
    25 April 2017

    Pengalaman krisis keuangan 1998 rupanya sangat membekas pada Agus Lasmono, pendiri Indika Energy.

  • Mengebut Penjualan, Menyalip Kompetitor
    25 Januari 2017

    Lexus Indonesia menyodok ke peringkat tiga besar pasar roda empat kelas premium di Tanah Air, mengekor posisi BMW dan Mercedes Benz.

  • GM LEXUS INDONESIA ADRIAN TIRTADJAJA Merawat Eksklusivitas
    25 Januari 2017

    JAKARTA — Memasarkan mobil mewah di negara berkembang seperti Indonesia tentu menjadi tantangan bagi pabrikan kendaraan roda empat. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia menjadi salah satu figur penting di balik berkembangnya brand Lexus di Tanah Air sekaligus menjawab tantangan itu. Bisnis berkesempatan mewawancarainya, Selasa (24/1). Berikut petikannya.

  • CEO PT GO-JEK INDONESIA NADIEM MAKARIM
    'Perang demi Pangsa Pasar'

    13 September 2016

    Sulit disangkal, Go-Jek telah menjadi salah satu pelopor men- jamurnya perusahaan rintisan berbasis teknologi di Tanah Air. Go-Jek memiliki peran yang vital karena sangat merakyat dan memberdayakan banyak pengemudi ojek. masalah kemacetan di Ibu Kota. Model bisnis awal terbilang Kehadiran Go-Jek berangkat dari keprihatinan terhadap sangat sederhana yakni bagaimana memin dahkan orang dan barang secara cepat dan murah.

  • Gagas Insentif Desa untuk Cegah Kebakaran
    17 Desember 2014

    Maklum saja, beberapa lini bisnis perusahaan itu bersinggungan dengan aktivitas lingkungan, seperti kehutanan melalui PT Riau Andalan Pulp & Paper dan industri kelapa sawit lewat PT Asian Agri.

  • Anderson Tanoto ‘Jalan Saya Masih Panjang’
    17 Desember 2014

    Keputusan untuk meneruskan bisnis keluarga Sukanto Tanoto di bawah bendera Royal Golden Eagle dianggap bukan sebagai beban bagi seorang Tanotorena menyangkut tanggung jawab terhadap keluarga, karyawan dan masyarakat. Bagaimana gaya dan filoso. Baginya, kelangsungan bisnis itu penting kaAnderson - - - finya dalam mengelola usaha yang dipercayakan kepadanya? Dalam satu kesempatan, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya:

  • Perkembangan Teknologi Membuat Bisnis Lebih Efisien
    12 Mei 2017

    Pendiri dan Presiden Komisaris Lippo Group ini bahkan sudah memikirkan strategi untuk menghadapi fenomena tersebut.

  • PENDIRI LIPPO GROUP, MOCHTAR RIADY
    Deal Bisnis Tanpa Lapangan Golf

    12 Mei 2017

    JAKARTA — Pada usia 88 tahun, pengusaha Mochtar Riady masih tampak bugar. Berbicara dengan runtut, rinci bahkan dengan jernih menjelaskan konstelasi arah bisnis digital paling mutakhir.

  • Mendesaknya ‘Aturan Main’
    23 Januari 2017

    Keamanan menjadi isu penting dari market place yang booming tahun dalam beberapa tahunterakhir. Teknologi yang dapat membuat business process lebih ringkas dan efisien justru menjadi celah bagi penjahat siber.

  • CEO AMARTHA FINTEK ANDI TAUFAN G.P. 'Perlahan Membangun Reputasi'
    23 Januari 2017

    JAKARTA — Andi Taufan Garuda Putra berani menantang risiko kala harus meninggalkan pekerjaannya di perusahaan swasta untuk kemudian mendirikan PT Amartha Mikro Fintek. Ia meninggalkan zona nyaman untuk mewujudkan impiannya mengembangkan inklusi finansial di daerah. Untuk mengetahui pandangan dan gagasannya, Bisnis mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya.

  • Mengapa Menonjolkan Perbedaan?
    11 Januari 2017

    Theodore Permadi Rachmat membuka buku catatannya. “Saya tadi sempat membuat list ,” ujarnya ketika menerima wawancara Bisnis di kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat pada Senin (9/1).

  • Memelihara Datangnya Momentum Positif
    03 Mei 2017

    PALEMBANG — Kinerja PT Bukit Asam (Persero) Tbk. sepanjang kuartal pertama tahun ini melampaui konsensus analis dan pasar. Pencapaian itu ditunjang oleh average selling price (ASP) batu bara yang lebih tinggi dibandingkan dengan prediksi serta kemampuan perseroan menekan biaya produksi. Apa strategi PTBA untuk memelihara momentum positif tersebut? Bisnis mewawancarai Sekretaris Perusahaan Adib Ubaidillah pekan lalu. Berikut petikannya.

  • PTBA MEMACU EKSPANSI
    Benderang Masa Depan Bukit Asam

    03 Mei 2017

    Sejak dua tahun lalu, badan usaha milik negara didorong untuk bersaing di kancah internasional. Oleh karena itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersama sejumlah perusahaan pelat merah menandatangani nota kesepahaman pada 28 Mei 2015.

  • DIRUT BANK RIAU & KEPRI IRVANDI GUSTARI “Kami Harus Mengubah Mindset BPD”
    12 April 2017

    JAKARTA — Jatuhnya harga minyak dan gas bumi (migas) serta kelapa sawit membuat perekonomian Riau mengalami pelambatan. Kondisi itu membuat PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri menyusun ulang sejumlah strategi untuk dapat terus tumbuh dan bersaing di industri perbankan. Irvandi Gustari, Direktur Utama Bank Riau Kepri, menyambangi Bisnis untuk membagikan strateginya mempertahankan kinerja perusahaan di tengah keterbatasan yang dihadapi. Berikut petikan wawancaranya.

  • Transportasi Ibu Kota Harus OK
    20 Maret 2017

    Tidak dapat dipungkiri selama beberapa tahun terakhir wajah bus Transjakarta menjadi lebih baik. Moda transportasi andalan Ibu Kota ini berani menggunakan kendaraan dengan spesifi kasi yang mumpuni untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

  • PRESIDEN DIREKTUR PT TRANSPORTASI JAKARTA BUDI KALIWONO
    “Kami Sudah Berubah”

    20 Maret 2017

    JAKARTA — Sejak pertama kali mengaspal, Transjakarta telah menjadi salah satu ikon Pemprov DKI Jakarta. Moda transportasi yang dirancang untuk mengangkut banyak orang agar berpindah ke transportasi massal ini telah menjelma menjadi salah satu alternatif bepergian yang aman, nyaman, dan murah. Apa saja perubahan Transjakarta? Bagaimana rencana peningkatan layanan Transjakarta ke depan? Bisnis berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono. Berikut petikannya:

  • AIR KERAS UNTUK NOVEL Tragedi Sang Penyidik Tangguh
    13 April 2017

    Serangan air keras dua oknum tak dikenal pada Selasa, 12 April 2017 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan, menambah daftar teror yang terjadi sebelumnya. Komitmen negara untuk memberantas aksi korupsi pun kembali diuji.

  • Momentum KPK Agar Mengaum Lebih Keras
    20 April 2017

    Kasus teror kepada pe nyidik KPK menyiratkan masih kuat nya kapasitas beberapa - pihak yang gerah dengan pemberantasan korupsi di Ta nah Air. Kondisi ini tidak bisa dipandang sepele karena ber potensi mendistorsi ekonomi.

  • Transportasi Daring dalam Pusaran Gejolak
    30 Maret 2017

    Efisiensi yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi memberikan dampak positif kepada hampir seluruh sektor kebutuhan manusia. Tidak terkecuali sektor transportasi.

  • POLEMIK TAKSI ONLINE
    Jalan Tengah bagi 'Pemburu Argo'

    30 Maret 2017

    Perseteruan antarpengusaha taksi konvensional dan taksi online sempat menjadi bola panas yang mengkhawatirkan semua pihak. Api rusuh kedua kelompok ini sempat menjalar ke sejumlah daerah.

  • Mimpi Buruk Didatangi ‘Truk Eksekutor’
    03 Maret 2017

    Duapuluh satu tahun bukanlah waktu yang singkat bagi seorang Nia, istri dari salah satu karyawan PT Freeport Indonesia, untuk menenun kenangan bersama keluarga di Papua. Waktu pergi pun tiba.

  • Hoax Bisa Membuat Negara Tidak Stabil
    22 Mei 2017

    Tidak dapat dipungkirikehadiran Internetmengubah banyakhal dalam cara hidup masyarakat karena manawarkan banyak kemudahan. Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna Internet yang sangat cepat.

  • KETUA ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA (APJII), JAMALUL IZZA
    “Masalahnya Ada di Pembiayaan”asalahnya Ada di Pembiayaan”

    22 Mei 2017

    JAKARTA — Kehadiran Internet ibarat pisau bermata dua, bisa membuka banyak peluang digital economy tetapi bisa juga menjadi ancaman sibernetika.

  • Memantik Semangat Pemda demi Mengakselerasi Infrastruktur
    09 Mei 2017

    Partisipasi aktif dari pemerintah daerah menjadi aspek yang krusial dalam upaya akselerasi pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

  • MENTERI PPN/KEPALA BAPPENAS, BAMBANG P.S. BRODJONEGORO
    “Risiko Politik Akan Ditanggung”

    09 Mei 2017

    JAKARTA — Keterbatasan APBN dalam membiayai berbagai proyek prioritas nasional membuat pemerintah terus memutar otak dalam pendanaan. Teranyar, pada awal tahun ini, pemerintah meluncurkan PINA. Bagaimana perkembangan skema ini? Bisnis berkesempatan mewawancarai Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro terkait hal tersebut. Berikut petikannya:

  • Mimpi Boediarso, Mematangkan Aspek Fundamental Desentralisasi
    02 Mei 2017

    Sebelum purnatugas dari Kemenkeu, ada hal yang ingin dilaukan Boe diarso Teguh Wi dodo, ya itu mematangkan as pek fundamental desentralisasi fi skal.

 
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg
NAME Last Chg % Chg